About Us

Kolegium Jurist Institute (KJ Institute) merupakan sebuah pusat studi yang didirikan oleh beberapa akademisi dan peneliti yang menaruh perhatian pada persoalan kebijakan dan reformasi di bidang hukum yang harus senantiasa berjalan secara berkelanjutan. Semakin disadari secara global, bahwa penelitian merupakan sebuah pendekatan yang harus menjadi dasar utama penyusunan kebijakan atau reformasi hukum.

Basis penelitian yang profesional, handal dan komprehensif diyakini mampu memberikan dampak positif bagi pengambilan kebijakan yang akan dilakukan oleh Pemerintah. Penelitian yang dihasilkan oleh KJ Institute diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan hukum di Indonesia. Pada akhirnya diharapkan, kontribusi tersebut dapat bermuara pada usaha untuk mengawal Pemerintah dalam upayanya mencapai tujuan nasional sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Selain itu, upaya reformasi hukum dan kebijakan juga harus mempertimbangkan peningkatan kualitas sumber daya manusia seluruh komponen Bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, KJ Institute secara rutin mengadakan beberapa kegiatan diantaranya penelitian, seminar dan diskusi bagi berbagai pihak yang menaruh perhatian pada pembangunan hukum.

Certificates and Awards

Value

  • Kekeluargaan
  • Profesional
  • Kejujuran
  • Keilmuan
  • Transparansi
  • Akuntabilitas
  • Responsif
  • Progresif
  • Multidisipliner

See more »

STRUKTUR ORGANISASI

…..

mella

Prof. Dr. Mella Ismelina Farma Rahayu, S.H., M.Hum.

Dewan Pembina

Ahli dalam bidang hukum lingkungan. Mendapatkan gelar sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung, gelar magister bidang hukum diperoleh dari Program Pascasarjana Universitas Padjajaran, dan doktor ilmu hukum didapat melalui Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Diponegoro. Saat ini merupakan dosen di Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara, reviewer Penelitian di Dikti, dan Assessor di BAN-PT.

WhatsApp Image 2019-01-13 at 00.01.25

Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A.

Dewan Pengawas

Ahli dalam bidang hukum pidana (criminal law). Lahir di Medan, 29 September 1971, mendapatkan gelar sarjana hukum (SH) di bidang hukum dari Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, gelar MA dari Departemen Kriminologi Universitas Kebangsaan Malaysia, dan doktor di bidang ilmu hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2016).

team-4

Dr. Chandra Yusuf, S.H., LL.M., MBA., MMGT.

Dewan Pengarah

Ahli dalam bidang Hukum Ekonomi dan Pasar Modal. Lahir di Jakarta, 24 Oktober 1962, mendapatkan gelar S.H. dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, gelar MBA dari Universitas Oklahoma City, M.Mgt dari Universitas Dallas, LL.M. dari Universitas Melbourne, dan Doktor dalam bidang Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia (2016). Saat ini menjadi dosen di Fakultas Hukum Universitas YARSI.

team-4

Dr. Mohammad Ryan Bakry, S.H., M.H.

Dewan Pengarah

Ahli dalam bidang Hukum Adminsitrasi Negara. Lahir di Jakarta, 9 Desember 1983. Mendapatkan gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, Magister Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia dan Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia (2016).

WhatsApp Image 2019-01-12 at 23.45.07

Dr. Ahmad Redi, S.H., M.H.

Direktur Eksekutif

Ahli dalam Bidang Hukum Tata Negara dan Hukum Sumber Daya Alam. Lahir di Seribandung, 27 Februari 1985. Mendapatkan gelar Sarjana Hukum dari Universitas Diponegoro, Magister Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia, dan Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia (2013).

WhatsApp Image 2019-01-12 at 23.50.14

Reza Fikri Febriansyah, S.H., M.H.

Direktur Kerjasama Antar Lembaga

Ahli hukum pidana. mendapatkan gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti, gelar magister ilmu hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan saat ini merupakan kandidat doktor dari Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

WhatsApp Image 2019-01-12 at 23.46.59

Dr. Muhammad Ilham Hermawan, S.H., M.H.

Direktur Kajian Reformasi Hukum dan Kebijakan

Ahli di bidang Hukum Tata Negara. Lahir di Jakarta, 30 September 1976. Mendapatkan gelar sarjana hukum dari Universitas Pancasila, Magister Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia dan Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia (2015).

team-4

Lucky Raspati, S.H., M.H.

Direktur Pelatihan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan

Ahli hukum Pidana. Lahir di Jakarta, 18 Mei 1979. Mendapatkan gelar sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Andalas, gelar magister ilmu hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan saat ini kandidat doktor ilmu hukum dari Program Pascasarjana Universitas Andalas.

team-4

Dr. Ahmad Redi, S.H., M.H.

Sekretaris Jenderal

Ahli dalam Bidang Hukum Tata Negara dan Hukum Sumber Daya Alam. Lahir di Seribandung, 27 Februari 1985. Mendapatkan gelar Sarjana Hukum dari Universitas Diponegoro, Magister Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia, dan Doktor Ilmu Hukum dari Universitas Indonesia (2013).

team-4

Ade Adhari, S.H., M.H.

Wakil Sekretaris jenderal

Ahli di bidang Hukum Pidana dan Kebijakan Hukum Pidana. mendapatkan gelar sarjana hukum dari Universitas Diponegoro, dan Magister Ilmu Hukum dalam kajian Sistem Peradilan Pidana di Universitas Diponegoro. Publikasi ilmiah yang telah dilakukan adalah Sistem Hukum Pelaksanaan Pidana, Hukum Pidana di Bidang Sumber Daya Alam.

WhatsApp Image 2019-01-13 at 00.11.27

Dr. Nani M, S.H., M.cl

Peneliti

Ahli di bidang hukum pidana. Lahir di Padang, 9 Agustus 1982. Mendapatkan gelar S.H. dari Universitas Indonesia, M.CL dari Melbourne Law School, dan Doktor Ilmu hukum dari Universitas Indonesia (2018).

team-4

Taufiik Rahman, S.H., LL.M. Ph.D.

Peneliti

team-4

Wahyu Nugroho, S.H., M.H.

Peneliti

Ahli di bidang hukum administrasi negara. Lahir di Wonogiri, 20 Juni 1986. Mendapatkan gelar S1 dari IAIN Walisongo Semarang, magister ilmu hukum dari Universitas Diponegoro, dan saat ini kandidat doktor ilmu hukum dari Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Padjajaran.

team-2

Icha Chayaning, S.H., M.H.

Peneliti

Ahli di bidang Hukum Tata Negara. Lahir di Jember, 6 Mei 1990. Mendapatkan gelar sarjana hukum dari Universitas Muhammadiyah Jember, Magister Ilmu Hukum dari Universitas Jember, dan kandidat doktor ilmu hukum dari Universitas Jember.

team-4

Peneliti

..

team-4

Rugun Romaida Hutabarat, S.H., M.H.

Peneliti

Ahli di bidang Hukum Pidana. Lahir di Tarutung, 28 Mei 1990. Mendapatkan gelar sarjana hukum dari Universitas Negeri Semarang, magister ilmu hukum dari Universitas Diponegoro. Saat ini tercatat sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara Jakarta.

Clients & Partners

Pellentesque luctus, dui sit amet blandit ornare, lacus turpis maximus nulla, at porttitor magna purus vel nunc.